Sunday, 22 November 2020

SAGUSABLOG untuk Literasi Para Guru

cara mendaftar sagusablog

Halo.

Dalam kesempatan ini saya mau berbagi tentang sebuah program kece. Program inilah yang menjadi cikal bakal adanya blog yang sedang kamu baca sekarang.

Namanya SAGUSABLOG, singkatan dari Satu Guru Satu Blog.
Awalnya saya bergabung dengan Ikatan Guru Indonesia, atau lebih dikenal dengan sebutan IGI.
Dari sana saya menelusuri ragam program dan kegiatan yang tersedia. Nah, mata saya pun tertuju pada sebuah program bernama SAGUSABLOG ini.

Tak lain dan tak bukan karena saya pribadi memang senang menulis. Saya juga menulis tentang keseharian dan hobi saya dalam sebuah blog personal bertajuk Love and Share. Karena tertarik dengan programnya, saya pun mendaftar untuk kegiatan ngeblog ria dengan para guru Indonesia. Ini adalah sebuah kesempatan yang baik untuk belajar bersama menurutku.


Tentang SAGUSABLOG

Program ini adalah sebuah kegiatan positif yang diadakan oleh Ikatan Guru Indonesia dan dibimbing langsung oleh Mr. Mung. Beliau adalah salah seorang guru Indonesia yang bertugas mengajar di SMPN 1 Kaliwungu, Kabupaten Semarang.

Saya sendiri belum berkenalan langsung dengan beliau. Informasi tersebut saya peroleh hasil berselancar membaca blognya. 

SAGUSABLOG pertama kali dilaksanakan di Surabaya pada tanggal 6 s/d 10 Oktober 2016 dalam rangkaian kegiatan TOT Literasi Produktif Berbasis IT dalam kelas Mobile Blogging dengan trainer Amin Mungamar (Mr. Mung), dan Dahli Ahmad (Kang Dahli).

SAGUSABLOG (Satu Guru Satu Blog) bertujuan mengajak Guru diseluruh Indonesia untuk belajar bersama membuat media pembelajaran berbasis blog, sehingga pembelajaran bisa lebih menyenangkan dan tidak lagi terbatas dengan jarak dan waktu. (sagusablog.com)


Nah, program yang kuikuti kali ini adalah yang ke-51.

Waaaah, sudah banyak lulusannya dong, ya. Semoga kedepannya program ini merambah ke seluruh guru di penjuru Indonesia. Menulis di blog seperti ini adalah sebuah program literasi yang mengasyikan.

Selain bisa mendokumentasikan kegiatan belajar mengajar, perangkat pembelajaran, dan berbagi tips sesama guru, para siswa pun bisa memanfaatkannya sebagai media pembelajaran mandiri.

Kita, para guru pun dapat saling bersilaturahmi dengan saling belajar dan melakukan blog walking.

Setuju kan?

Salam guru pembelajar! 

0 comments:

Post a comment