Sunday, 22 November 2020

Open Class 1B TA. 2020/2021 Bukit Asam Primary School

 


Tak terasa sudah hampir sampai di penghujung semester 1. Tepatnya bulan depan, Desember pelaksanaan PAS 1 akan dimulai. Artinya, sudah satu semester kami bersama. Artikel kali ini adalah sebuah cerita flashback-ku tentang awal mula berjumpa anak-anak hebat ini. 

Tahun ini alhamdulillah saya dipercaya mengampu tugas sebagai homeroom teacher untuk Amazing Class. Tahun ajaran baru kali ini agak berat dan mempunyai perbedaan yang sangat mencolok.

Betapa tidak, awal tahun ajaran dengan siswa yang sama sekali baru karena masih kelas 1, dalam kondisi pandemi COVID-19. Dimana saat itu status wilayah kami masih aman. Kehadiran ke sekolah masih dimungkinkan dengan beragam syarat dan protokolnya.

Tapi, ternyata kegiatan Open Class ini menjadi awal mula yang lucu. Karena pada pertemuan selanjutnya, kegiatan belajar mengajar (KBM) menjadi total dalam jaringan (daring). Tak lain tak bukan karena status wilayah kami menjadi zona merah.

Terbayang senyum-senyum indah anak-anak hebat ini menjadi pudar. Tak terkecuali kami, para guru.
Baru saja hhendak berkenalan, berinteraksi langsung, ternyata terhalang virus. Tapi, inilah yang terbaik untuk kita semua saat ini. Maka, kami pun mematuhinya.

Perjalanan daring pun dimulai dengan penuh suka-duka. Mulai dari anak-anak yang bosan di rumah dan merengek berharap bisa ke sekolah, kemudian baper karena merasa kurang diperhatikan saat KBM daring berlangsung, hingga kondisi jaringan yang tak menentu, hingga momen berpisah dengan partner-ku yang akhirnya akan menikah. Alhamdulillah.

Syukurnya ternyata kami masih bisa sampai ke akhir semester. Bahkan dengan pembenahan dan pembaruan setiap minggu. Tiap Jum'at rapat evaluasi berlangsung - melaporkan kendala dan hal apa saja yang terjadi dalam seminggu. Kami mengevaluasi kinerja, meningkatkan pelayanan, dan terus memperbaiki sistem. Semoga perjuangan tidak sia-sia dan terus berlanjut hingga hasil yang paling maksimal.

Jangan patah semangat.
Artikel ini akan selalu mengingatkanku dengan senyuman kami saat Open Class itu.

0 comments:

Post a Comment